Contoh Resensi Buku

Proyek Sains yang Menarik

Buku "Tanaman"

Judul : Tanaman

Penulis : Sally Hewitt

Penyunting : A. Ary Satrio

Penerbit : PT Gading Inti Prima

Tahun Terbit : 2010

Tebal Buku : iv + 57 halaman

Ukuran : 17,5 cm x 25 cm

 

Pada zaman modern ini, banyak manusia sudah tidak memperdulikan lagi manfaat tanaman di sekitarnya. Tak terkecuali anak-anak, mereka juga terkadang hanya memandang tanaman sebatas makhluk hidup yang tidak bermanfaat apa-apa. Namun dengan disajikannya buku berjudul “Tanaman” ini, anak diperkenalkan tentang prinsip-prinsip dasar tanaman. Buku ini menyertakan rancangan dan percobaan yang dimaksudkan untuk mendukung konsep dan memperjelas pemahaman anak terhadap materi.

Pengertian Tanaman

Tanaman merupakan makhluk hidup yang berkembang hingga menghasilkan tanaman baru serupa dengan diri mereka masing-masing. Tanaman baru tumbuh berkembang dari biji dan kadang-kadang dari akar, batang, bahkan daun. Tanaman tidak sama dengan hewan, yang dalam mencari makanan harus berpindah-pindah tempat. Tanaman hanya dapat diam di satu tempat karena mereka mampu membuat sendiri makanannya.

Disini, Sally sebagai penulis mencoba untuk menunjukkan siklus pertumbuhan tanaman dengan percobaan-percobaan yang menarik dan tidak sulit untuk dipraktikkan. Salah satu di antaranya adalah dengan mengungkap kondisi-kondisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh.

Bagian-bagian Tanaman

Tanaman umumnya terdiri atas akar, batang, daun, bunga, serta buah dan biji. Akar tanaman biasanya tumbuh di dalam tanah, bertumbuh ke bawah dan menyebar. Akar tanaman berfungsi menyangga tanaman agar tetap di tempatnya serta mengisap air dan mineral dari tanah. Sedangkan kegunaan batang sendiri hampir sama dengan kegunaan akar, yaitu sebagai penyangga tanaman. Batang juga menyalurkan air dan mineral yang penting ke seluruh bagian tanaman. Di buku ini, dituliskan beberapa cara untuk membuktikan kegunaan akar dan batang bagi tanaman.

Selain batang dan akar, masih banyak taktik-taktik­ jitu yang dituliskan penulis untuk menarik perhatian anak-anak yang bertujuan untuk membuktikan kegunaan-kegunaan bagian tanaman lain, yaitu daun, bunga, serta buah dan biji.

Sinar Matahari

Tidak hanya manusia dan hewan, tanaman juga membutuhkan cukup makanan dan air. Sudah diuji oleh banyak peneliti, bahkan digunakan sebagai bahan pembelajaran siswa muda di Indonesia, apa yang akan terjadi jika tanaman tidak diberi makanan dan air. Jawaban yang paling tepat adalah tanaman tersebut akan layu bahkan mati. Tes yang diuji terhadap peran sinar matahari bagi tumbuhan, disusun dengan metode mengamati bagaimana tanaman tumbuh ke arah matahari.

Di dalam buku bernuansa hijau ini terdapat beberapa halaman yang kurang tepat perataan barisnya. Selain itu, kolom-kolom mengenai informasi-informasi lainnya juga kurang pas peletakannya.

Kelebihan buku ini terletak pada rancangan dan percobaan sederhana yang disusun menarik. Konsep materi disajikan dengan sederhana dan jelas sehingga mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai kalangan. Selain itu, materi dalam buku ini juga didukung dengan glosari, indeks, dan gambar full colour sehingga anak tertarik mempelajarinya. Alat dan bahan percobaannya pun menggunakan benda yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Beri komentar tentang ini :)

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s